Batik Talunombo Motif Cabai Jamur


Harga : Rp 300.000 /pc
1 pc Tersedia
Keranjang Belanja

Sapuran bias dikatakan satu satunya daerah yang memproduksi batik. Lokasi tepatnya ialah di Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, terletak sekitar 30 km dari kota Wonosobo. Kini terdapt sekitar 30 pembatik di desa Talunombo, yang menghasilkan batik cap dan baik tulis.

Batik Sapuran mempunyai keunikan dari motif batiknya yang berupa motif local yang berasal dari keragaman budaya setempat. Motif-motif tersebut antara lain: carica dan purwaceng. Kedua tanaman tersebut merupakan tanaman yang khas bagi Wonosobo, Carican dan Purwaceng tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Motif tersebut dirintis tahun 2008 oleh Karang Taruna Desa Talunombo yang berawal dari kegiatan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Salah seorang peserta memenangkan lomba kerajinan batik, sebagau juara 1. Selanjutnya warga lain mengikuti latihan singkat di Purworejo dan hingga kini terus berkembang.

Kini terdapat juga motif the, daun kentang, daun sirah, kuda kepang, tari lengger, dolalak, topeng, relief candi dieng dan ikan mujahir. Keunikan motif yang tidak ditemukan di batik-batik yang lain yang telah terkenal selama ini menjadi kekuatan batik Sapuran. Selain meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, diharapkan kerajinan batik ini dapat manambah daya tarik Wonosobo serta menjadikan Wonosobo lebih dikenal di kalangan yang lebih luas.